Mengungkap Mistis Mencadin di Kota Pangkalpinang

Mencadin menurut cerita sebagaian besar masyarakat Bangka dikenal dengan sosok hantu yang menyerupai pocong yang berbau busuk. Konon asal muasal hantu ini adalah sosok manusia yang dalam perjalanan hidupnya sering melakukan kemaksiatan, oleh sebab itu lah dalam konsep keagamaan sosok manusia seperti ini ketika mati tidak diterima “bumi” sehingga arwanya gentayangan sampai 40 hari kematiannaya.


Menimbulkan pertanyaan di masyarakat sejak seminggu yang lalu ‘ada Mencadin Di Kota Pangkapinang' hampir 7500 masyarakat yang mengupdate www.media-babel.com berdasarkan penelusuran kami baik di facebook maupun di Twitter serta media sosial lainnya maka simak komentar komentar rekan rekan :

Mey’s Imelda Soewandy
Kalo bener tu cerita mba yayuk kmungkinan bisa jadi, krn mba yayuk tu mantan PSK, trus nikah kek orang dkt daerah kp opas, sedgkan org yg nikahin die tu meninggal krn terjangkit pnyakit tsb..trus mba tu nikah lagi sm orang pedatang tp tinggal di kp opas juga (pedagang es kelapa) dkt SPBU kp opas.. tp pernikahan e tu dag berlangsung lama krn suami e tu maen serong kek perempuan lain, terus mba tu ngontrak dag jauh dr rumah ku, tp dag sanggup bayar kontrakan 3 bulan mba tu ngilang.. dgr2 sih die kmbali ke lokalisasi di pasir padi, dan desas desus mba tu ngidap penyakit tu lah kami ketahui soal e suami die yg dulu tu meninggal karna HIV AIDS juga..

Kami juga denger selentingan soal die meninggal di RSUD tu, krn pas di lokalisasi pasir padi tu die lah sakit keras dan org2 di lokalisasi tu dag sanggp mengatasi penyakit mba tu…

kami juga tau die meninggal dan gentayangan, bang… bahkan ade warga yg pernah ade sangkutan kek die tu di datangi e… cm KATANYA lah di cerudik biar die dag gentayangan agik…

tapi aneh ok, masih ade smpe skarang die gentayangan dan lokasi e tu pangkalpinang…

dan itu pun kalo bener tu hantu nya “Mba Yayuk” salah satu pengajuan, dan yang pasti dunia lain ada di sekitar kita.

Berbeda lagi dengan cerita rekan kita satu ini

Riendra
Rumor hantu PSK bikin parno
Belakangan ini kota ku lagi geger, bukan karena kasus markus atau atau bentrokan seperti di priuk. Yang bikin warga kota pangkalpinang heboh, katanya ada hantu PSK yang gentayangan. Entahlah…banyak versi cerita yang beredar, mulai dari warung kopi sampe pembicaraan hangat di kantor-kantor. Ada yang bilang si hantu udah jalan muter kota pangkalpinang (bingung, hantu jalan atau terbang ya??),terus ada juga pengakuan sebagian masyarakat yang melihat dan kerasukan hantu PSK itu.

Ceritanya beberapa waktu yang lalu, ada seorang PSK yang tewas karena penyakit HIV AIDS, karena sudah sekarat, akhirnya sang PSK tewas mengenaskan. Dia warga pendatang dan hanya sebatang kara di Pangkalpinang, saat sakaratul maut, tidak ada seorang pun yang mau mengurusi mayatnya, termasuk Mami yang mendatangkan ia dan mempekerjakannya sebagai PSK.

Versi cerita yang beredar, akhirnya jenazah di kubur oleh beberapa orang anak yang menemukan jenazah tersebut. Dengan dibalut selimut tebal jenazah dikubur secara tidak layak di kawasan wisata pantai tanjung bunga. Pasca kejadian tersebut masyarakat disekitar kawasan heboh kalau ada setan perempuan gentayangan di sekitar lokasi tersebut.

Rumor ini terus beredar dan bikin heboh masyarakat. Ada sebagian versi cerita yang mengatakan kalau hantu PSK ini udah jalan muter kota dan nggak pandang buluh mengganggu warga, ada juga yang bilang kalau hantu ini hanya mengganggu wanita yang sedang hamil. Bahkan ada lagi versi cerita yang mengatakan kalau hantu PSK ini mencari orang-orang yang pernah “memakai” nya. Entahlah banyak versi, udah kayak sinetron si manis jembatan ancol aja.

Tapi yang jelas rumor-rumor ini bikin resah masyarakat, khususnya anak-anak dan juga ibu-ibu rumah tangga. Buktinya tadi ada tetangga yang maen kerumah cerita kalau hantu itu udah jalan kemana-mana dan bikin takut warga.

Kejadian ini bikin parno temen sekantor ku, setiap hari dia cerita kalau susah tidur malem-malem karena rumor yang beredar itu. Ke “parno” an temen ku ini ternyata menular kepadaku, satu malam yang lalu kira-kira pukul 00.13 wib, aku masih melototin lappy di atas meja komputer kamarku, tiba-tiba aku mencium bau wangi, tapi susah ditebak baunya seperti apa, bingung antara wangi melati, kenangan atau kayu cendana.

Untuk mengurangi efek rasa takut, aku pura-pura berdehem dan lirik-lirik jendela kamar, kali aja ada yang lagi memantau aktifitas ku dari luar. Usaha ku nggak sebatas itu aja, berusaha meminimalisir ketakutan ku, aku menerka-nerka lagi bau wangi ini, mungkinkah ini bau minyak angin atau minyak urut GPU. Tidak berhasil mengurangi rasa takut dan kecurigaanku, akhirnya aku matikan lappy dan menenggelamkan kepala ku di kasur.

Dan malam tadi, kira-kira pukul 00.25 wib, aku kembali mencium bau wangi itu, sempet merinding dengat tingkat ketakutan yang menakjubkan, aku mencoba melirik-lirik barang-barang di atas meja peralatanku dan bertekad memecahkan misteri ini. belum juga kutemukan dari mana sumber bau wangi ini, aku masih berusaha keras untuk terus menyelidik. Akhirnya mataku tertuju pada satu buah jeruk purut yang ada di atas rak kosmetik. Jeruk purut kecil yang kulitnya sudah kecoklatan dan hampir membusuk, wajar saja bau itu bersumber dari sana, karena kondisi jeruk itu sudah membusuk. Untuk meyakinkan aku coba mencium, ternyata benar, bau itu bersumber dari sini. aneh, kok aku baru ngeh ya, jeruk purut yang sudah busuk bisa menimbulkan bau wangi (kalo ada yang nggak percaya boleh dicoba, nyimpen jeruk purut didalam kamar sampe busuk)

Lucu, aku baru inget, 2 minggu yang lalu, adik ayahku menyarankan aku untuk mengompres jerawatku dengan perasan jeruk purut dengan air hangat, konon katanya resep tersebut ampuh membunuh bakteri pada jerawatku yang meradang. Langsung aja aku beli, tapi dasar pemalas, hanya bisa beli nggak sampe di praktekin, alhasil jeruk purut itu busuk mengenaskan di atas rak kosmetik.

Mengenai rumor ini yang jelas semua berpulang kepada kita, penghuni bumi ini bukan hanya manusia, banyak makhluk lain yang terlihat dan tak terlihat, yang baik dan yang jahat, apapun itu, manusia atau hantu sekalipun, mungkin punya misi dan tujuan masing-masing mengapa bisa “mengganggu”, yang jelas kita jangan saling mengusik. Mari kita bertawakal kepada Allah, dengan hanya mengingat Allah tidak ada yang perlu kita takuti selain ALLAh Sang Pencipta.

Ada Mencadin Berkeliaraan Di Pangkalpinang

Hantu Berbau Busuk dan Menakutkan
Menakutkan, itulah gambaran seram dari cerita horor yang berkembang dari masyarakat pulau Bangka. Apalagi kalau bukan Dunia yang identik dengan fenomena setan atau hantu. Uniknya hantu atau setan selalu-berbeda di setiap. Misalnya di Amerika atau dunia Barat ada jenis hantu, Drakula yaitu hantu dengan jubah hitanm bertaring panjang yang haus akan darah manuisa yang berkeliaran pada malam hari, di Cina ada Vampir serta di Indonesia ada kuntilanak serta Pocong.

Mencadin
Yang pertama adalah “Mencadin”. Mencadin menurut cerita sebagaian besar masyarakat Bangka dikenal dengan sosok hantu yang menyerupai pocong yang berbau busuk. Konon asal muasal hantu ini adalah sosok manusia yang dalam perjalanan hidupnya sering melakukan kemaksiatan, oleh sebab itu lah dalam konsep keagamaan sosok manusia seperti ini ketika mati tidak diterima “bumi” sehingga arwanya gentanyangan samapi 40 hari kematiannaya.

Kota Pangkalpinang dihebohkan dengan isu Hantu Gentayangan yang katanya sedang berkeliling mengitari kawasan Pangkalpinang. Ada yang was-was, dan ada pula yang biasa-biasa saja, ada yang realistis modern, dan ada pula yang berpikir tradisional. Hantu Gentayangan atau ‘Mencadin’ kata Orang Bangka merupakan Hantu seorang wanita PSK. Banyak kabar yang beredar dan juga berbagai versi mengenai isu ini, katanya wanita itu meninggal di Rumah Sakit Daerah di Pangkalpinang karena mengidap AIDS, pihak RS sendiri kemungkinan tidak bertanggung jawab dalam menangani pasien ini, pasalnya pasien yang dimungkinkan merupakan warga pendatang yang tidak mempunyai sanak saudara di Bangka, tidak dilayani sewajarnya oleh pihak RS, saat meninggal pihak RS tidak memandikan mayat (kabarnya karena pihak RS takut tertular, padahal HIV/AIDS bisa menular jika berhubungan kelamin, dan Darah, seharusnya pihak RS pastinya sangat sudah mengerti hal semacam itu), tidak menyholatkan, juga tidak di kubur sewajarnya orang Islam dikuburkan.

Desas-desusnya, Pasien yang katanya hanya dikuburkan oleh 2 orang layaknya menguburkan bangkai binatang. Banyak juga yang mengatakan kalau di kuburkan di TPU Air Itam, dan juga banyak yang bilang di TPU Sampur.

Kenapa bergentayangan?
- Asumsi pertama. Banyak asumsi kalau Mencadin itu bergentayangan karena tidak dimandikan, dishalatkan, dan dikuburkan secara layak dan sewajarnya orang Islam.
- Asumsi kedua. Banyak yang berasumsi kalau mencadin itu menggunakan tattoo, tindik, dan juga susuk di badannya, bergentayangan sebenarnya bukan bermaksud untuk menakut-nakuti tapi hanya untuk meminta pertolongan agar di buka/ambil susuk, tindik dan semacamnya yang terdapat dibadannya. Tapi kalau yang namanya bertemu dengan ‘benda’ seperti itu tidak semua manusia yang berani menghadapinya. Saya mendapat informasi mengenai asumsi kedua ini, kalau anak dari teman orang tua saya yang tinggal di Semabung sempat dikagetkan dengan penampakan Mencadin wanita itu tepat didepannya saat waktu Maghrib.

“dia menjerit kaya anjing, tapi lebih ngeri mendengarnya.. wajahnya buruk, dia minta tolong buka susuknya, ku lari karna takut”.

Sebelum kejadian itu, pasalnya anak ini mendengar info tentang mencadin itu dari ibunya, dan anak ini tidak percaya.

“ahh masa sih.. Bohong tuh.. tidak akan ada apa-apa.. tidak akan mendatangi kita..”
- Asumsi ketiga. Gabungan antara asumsi pertama dan kedua, dan katanya tertarik pada perawan. Entah untuk tujuan apa dan bermaksud apa.

Katanya, kawasan-kawasan di pangkalpinang yang sudah heboh dan sempat dilalui mencadin itu adalah daerah Ketapang, Sampur, Air Itam, Semabung, Pancur, dan baru-baru ini di Parit Lalang. Ada yang bilang kalau kuburan wanita itu sudah didatangi oleh perangkat masyarakat di sekitar pemakaman, dan diidentifikasi kalau kuburannya longsor.

Entah sampai kapan isu ini akan hilang. Percaya atau tidak?. Itu lah isu. Saya jadi teringat dengan masa-masa saat saya masih kecil dulu, Pangkalpinang juga didera isu yang sama seperti ini. Isu hantu pemerkosa perawan (bahasa kerennya seperti ini) yang sangat heboh, sampai-sampai stok Daun Kelor dan Duri Rukem (tumbuhan yang katanya bisa menangkal hantu) yang di letakkan di atas pintu dan jendela tiap-tiap rumah yang ada di Pangkalpinang hampir habis dan memungkinkan karena isu itu tumbuhan-tumbuhan semacam itu sudah langka saat ini. Banyak yang menyebutkan kalau ‘benda’ itu berupa wujud babi bertubuh manusia dan besar dan sudah memakan banyak korban perawan. Seiring berjalannya waktu, isu ini pun berangsur-angsur lenyap. Tidak ada lagi pemanfaatan daun kelor dan duri rukem. Sama halnya dengan isu yang menghebohkan di daerah Jawa sana mengenai Kolor Ijo. Entah siluman atau jin yang berwujud manusia tinggi besar berperut buncit dan berambut gondrong yang hanya menggunakan kolor berwarna ijo yang juga mengincar perawan. Kalau dipikir-pikir memang betapa susahnya jadi perawan ya?.

Kita lihat saja isu lokal ini akan bagaimana ‘hidup’nya dan sejauhmana dampaknya nanti.

Labels: Mistis

Thanks for reading Mengungkap Mistis Mencadin di Kota Pangkalpinang. Please share...!

Back To Top